Dongkrak Wisata Ciamis, BP2D Bekerjasama Dengan Unpas Bandung

Written by redaksi

July 22, 2020

BERITA CIAMIS, Jamparing.id : Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah, (BP2D) Kabupaten Ciamis, Drs. H. Endang Haris, M.M  Juandana menghadiri seminar penelitian kepariwisataan dari Universitas Pasundan Bandung, Rabu (22/07/2020).

Seminar penelitian kepariwisataan itu, dilaksanakan di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPEDA) Kabupaten Ciamis yang dihadiri oleh unsur SKPD di lingkungan Pemda Ciamis.

Acara yang berlangsung selama dua jam dengan metode virtual tersebut merekomendasikan bahwa pariwisata Ciamis perlu adanya pengembangan secara inklusif. Pasalnya, konten wisata yang dimiliki Ciamis banyak dimiliki terutama desa wisata.

“Kami dari BP2D Kabupaten Ciamis ingin menegaskan bahwa potensi wisata yang dimiliki oleh Ciamis sangat banyak dan memiliki keunikan. Sehingga perlu adanya penelitian sebagai pendukung pengembangannya, terutama desa wisata,” ucap dia.

Lebih lanjut ia menerangkan, sejauh ini peran BP2D Kabupaten Ciamis sudah melakukan terobosan yang berkaitan dengan promosi pariwisata.

Bahkan pihaknya terus menjalin komunikasi dengan semua sektor baik pemerintah maupun para pihak pengelola pariwisata untuk bersinergi. Karena, pengembangan pariwisata tidak bisa dilakukan secara sepihak melainkan semua harus bergerak bersama.

“Maka kami siap berkolaborasi untuk bersinergi dengan siappun atas nama Ciamis yang kita cintai ini,” imbuhnya.

Diketehui, narasumber seminar penelitian kepariwisataan tersebut diantaranya, Prof. Dr. H. Soleh Suryadi, M.Si dan Prof. Dr. H. Bambang Heru Purwanto, M.S. dengan tema penelitian, Analisis Pengembangan Pariwisata dengan Memanfaatkan Potensi Masyarakat (Studi Kasus Desa Wisata di Kabupaten Ciamis.)

Penulis : Syarif Hidayat

Komentar

Related Articles