Ini Dia Wali Penyebar Agama Islam di Galuh Ciamis

Written by redaksi

January 6, 2021

BERITA CIAMIS, jamparing.id. Berbicara sejarah penyebaran agama islam khususnya di Kabupaten Ciamis, tidak akan terlepas dari wali yang satu ini.

Menantu Syekh Abdul Muhyi dari Mataram, dia merupakan penyebar agama islam di Tatar Galuh Ciamis. Syekh Abdul Wajah yang lahir di Sukapura Tasikmalaya. Namun, beliau merupakan asli dari Galuh Ciamis,

Raden Wajah nama awalnya dulu, dia sejak kecil sudah diasuh oleh Syek Abdul Muhyi yang kemudian setelah dewasa dinikahkan dengan putrinya.

Makam Gunungsari yang ada di Imbanagara Ciamis ini, merupakan salah satu tempat Syekh Abdul Wajah bersemedi dan menyebarkan agama islam. Beliau kerap pulang pergi ke wilayah Sukapura dan Galuh dalam menyiarkan agama islam dengan melintasi Sungai Citanduy. Syekh Abdul Wajah wafat saat selesai melaksanakan shalat duha di bebatuan Sungai Citanduy lalu dimakamkan di Gunungsari Imbanagara karena merupakan keturunan Galuh.

Untuk itu MUI Imbanagara Ciamis, menggelar, mengisi amaliah dan mensyi’arkan syari’at ziaroh kubur dan istighosah kubro di komplek pemakaman Waliyulloh Syekh Abdul Wajah Gunung Sari Desa Imbanagara Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, DR. Wasdi,.M.Si berharap,”Ini menjadi destinasi wisata ziarah yang perlu dikunjungi, jadi jika ke Ciamis tidak hanya ke Panjalu saja,” tuturnya. Jum’at (01/01/2021) di saat menyampaikan sambutan pada kegiatan tersebut.

“Rumus wisata itu menurut saya ada tiga yaitu pelesir, mikir, dzikir. Dan, disinilah tempat berdzikirnya,” tandasnya.

 

Komentar

Related Articles