Ini Rumus Kunci Pengembangan Pariwisata di Ciamis

Written by redaksi

July 22, 2020

BERITA CIAMIS, Jamparing.id : Peneliti dari Universitas Pasundan (Unpas) Bandung, Prof. Dr. H. Soleh Suryadi, M.Si menerangkan Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional tahun 2017 sektor pariwisata masuk urutan kedua setelah Migas. Karena pariwisata memiliki sifat padat karya sehingga mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.

Menurutnya, kebijakan pembangunan pariwisata di Ciamis harus bersifat perlindungan. Dengan memperhartikan unsur warisan budaya, arkeologi, keindangan serta mampu meningkatkan nilai kesejarahan yang terdapat di objek pariwisata yang terdapat di Ciamis.

“Kami tahu bahwa Ciamis memiliki banyak potensi wisata yang perlu dikembangkan. Mengapa? Salah satu indikator dari pengembangan sektor perekonomian masyarakat salah satu pintu gerbangnya ada di sektor pariwisata,” ucap dia, saat mempresentasikan rancangan penelitian kepariwisataan di Ciamis, Rabu (22/07/2020).

Sehingga tambah dia, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat solusinya yakni harus mampu mengimplemantasikan  Community Base Tourism (CBT) di desa wisata.  CBT ini lebih menitikberatkan pada tingkat pemberdayaan masyarakat pedesaan.

PJ Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, Toto Marwoto mengatakan bahwa pada dasarnya potensi pariwisata Ciamis sangatlah banyak. Baik yang memiliki nilai sejarah, budaya serta kawasan batuan (Kars) yang masih membutuhkan pengembangan untuk dijadikan sebagai objek wisata.

Ia mengemukakan untuk pengembangan pariwisata tentu harus memenuhi tiga unsur yakni Aksesibilitas, Amenitas dan Atraksi. Selain itu, branding, advertising, selling harus menjadi indikator pelaksanaan program berkelanjutan dari pembangunan pariwisata.

Penulis : Syarif Hidayat

Komentar

Related Articles