Pokdarwis Harus Menerapkan Sapta Pesona, Apabila Menginginkan Ini

Written by redaksi

September 15, 2020

BERITA CIAMIS, Jamparing.id: Direktur Eksekutif, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BP2D) Kabupaten Ciamis,HR. Tommy Surjanto, ST.,MM menerangkan Kelompok Sadar Wisata atau sering disebut dengan Pokdarwis memiliki multifungsi dalam pengembangan industri pariwisata.

Selain menjadi pengelola destinasi, Pokdarwis pun berperan sebagai penggerak dan pelopor masyarakat yang sadar wisata.

“Ada dua peran yang harus dilakukan oleh Pokdarwis, diantaranya yaitu memberikan pengetahuan kepada masyarakat akan sadar wisata kemudian mengimplentasikan sadar wisata dengan menerapkan Sapta Pesona di destinasi wisata,” ungkapnya, Senin, (15/09/2020).

Tommy mengemukakan sebanyak tujuh (7) unsur Sapta Pesona yang harus diwujudkan oleh masyarakat sekitar destinasi wisata, yakni aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah Tamah, Kenangan.

Ketujuh unsur Sapta Pesona menurut Tommy harus terwujud dengan gerakan pelopor yang digerakan oleh Pokdarwis.

“Apabila gerakan sadar wisata ini dimiliki oleh masyarakat, saya yakin destinasi wisata itu akan selalu dikunjungi oleh visitor atau wisatawan,” terang dia.

Lebih lanjut ia menambahkan dalam penerapan Sapta Pesona ini tidak lantas destinasi itu harus bagus dan menarik. Karena, pengembangan destinasi itu dapat dikembangkan berdasarkan pemanfaatanya.

Terutama yang harus dilakukan Pokdarwis adalah bagaimana menciptakan iklim parwisata yang terintegrasi dengan masyarakat.

“Hal yang harus dilakukan oleh Pokdarwis sebelum melakukan pengembangan destinasi wisata yaitu harus mampu menciptakan ekosistem dan iklim pariwisata. Dengan memanfaatkan pontensi destinasi yang tersedia,” imbuhnya.

Maka, untuk menghadapi tahun kunjungan wisata pada 2021 dengan target 700 ribu pengunjung, peran Pokdarwis sangat diperlukan.

“Kami akan melakukan pendampingan kepada setiap Pokdarwis di Kabupaten Ciamis untuk bersinergi dan saling memberikan ilmu mengenai pengembangan industri pariwisata. Sehingga perwujudan tahun kunjungan wisata pada 2021 dengan target 700 ribu dapat terwujud. Dan visi Pemerintah Kabupaten Ciamis, mantapnya kemandirian ekonomi sejahtera untuk semua dapat terwujud dari pariwisata,” pungkasnya.

Penulis : Syarif Hidayat

 

Komentar

Related Articles