Ruwatan Bumi Situs Geger Sunten Tambaksari, Wisata Sejarah Aki Balangantrang

Written by redaksi

October 11, 2020

BERITA CIAMIS, Jamparing.id: Puluhan warga Desa Sodong, Kecamatan Tambaksari menggelar tradisi budaya Ruwatan Bumi di Situs Geger Sunten, Minggu (11/10/2020).

Dalam gelaran Ruwatan Bumi tersebut, warga membawa hasil bumi sebagai bagian dari ungkapan rasa syukur kepada sang pencipta yang telah memberikan rizki yang melimpah kepada umat manusia.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Jamparing.id, tradisi budaya Ruwatan Bumi Geger Sunten, tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora)  Kabupaten Ciamis berserta jajaranya. Dan juga para tokoh budayawan Galuh pun nampak hadir dalam acara tradisi budaya tersebut.

Tradisi Budaya Ruwatan Bumi, Situs Geger Sunten Tambaksari. Foto : Nana Iket

Berita Terkait : Mengungkap Jejak Aki Balangantrang di Geger Sunten Ciamis

Membahas Situs Geger Sunten Tambaksari ini erat kaitanya dengan sejarah Kerajaan Galuh dimana tempat ini konon menjadi tempat persembunyianya Aki Balangantrang alias Bimaraksa bersama Ciung Wanara saat Kerajaan Galuh mengalami kudeta dari Barmawijaya. 

Bahkan dari berbagai sumber literature banyak yang menuliskan bahwa senjata Kujang yang kini menjadi ikon dari Jawa Barat pun asal muasal dibuatnya itu di Geger Sunten dengan nama pembuatnya yakni Resi Sadomas atau lebih populisnya Pandai Domas.

Banyak artefak yang ditemukan di Geger Sunten. Seperti batu batuan yang berbentuk meja kursi yang dipercayai itu merupakan peninggalan sejarah yang pernah dijadikan tempat bermusyawarah oleh Ciung Wanara.

Tradisi lisan inilah masih tetap terjaga dan bersifat turun temurun warga Desa Sodong, Kecamatan Tambaksari sebagai khasanah sejarah lisan yang masih terjaga dan tersimpan makna filosofis tersendiri.  

Oleh sebab itu, kini Situs Geger Sunten Tambaksari menjadi salah satu tujuan wisata sejarah dan budaya Kabupaten Ciamis. (red)

Komentar

Related Articles