Tommy Surjanto : Pariwisata Merupakan Jaring Pengaman Ekonomi Masyarakat Ciamis

Written by redaksi

September 16, 2020

BERITA CIAMIS, Jamparing.id : Direktur Eksekutif, HR. Tommy Surjanto, ST.,MM menerangkan bahwa semua destinasi wisata di Ciamis sudah sangat layak untuk dikunjungi. Hal tersebut dipandang dari prespektif sosiologis budaya yang mengakar di masyarakat wisata.

“Kata siapa destinasi wisata kita (Ciamis) belum bisa dikunjungi oleh wisatawan. Semua sudah sangat bisa dikunjungi,” terangnya, pada Jamparing.id, Rabu (16/09/2020).

Tommy mengemukakan promosi setiap destinasi di Ciamis perlu dilakukan guna menciptakan ekosistem iklim wisata yang berkelanjutan.

Apabila promosi destinasi terus gencar dilakukan, ini akan membangun citra pariwisata Ciamis yang berdampak pada kepercayaan publik terhadap wisataa Ciamis. Sehingga ia dengan tegas bahwa destinasi wisata Ciamis sangat siap dikunjungi.

“Dari prespektif sosiologi budaya, peranan masyarakat wisata sudah nampak semangat untuk mengembangkan. Akan tetapi mereka perlu ada pendampingan dari ahli,” ujar dia.

Motivasi yang dimaksud Tommy ialah geliat pengembangan wisata di setiap zona wisata di Ciamis terus dilakukan oleh masyarakat. Seperti pengembangan desa wisata yang saat ini banyak dilakukan dengan pola pemberdayaan masyarakat.

Akan tetapi, semangat membangunya sudah terasa namun terdapat kendala dari sisi pengetahuan pengembangan pariwisata menjadi industri.

“Dengan adanya pengunjung yang datang ke destinasi wisata, secara psikologis masyarakat wisata akan tumbuh ide dalam pengembanganya. Harus ini, harus itu. Harus ada ini, harus ada itu. Karena stimulus dari pada pengunjung yang datang itu akan meningkatkan semangat untuk membangun wisata,” imbuhnya.

Tommy berharap rencana tahun kunjungan wisata pada 2021 dengan target 700 ribu pengunjung ini dapat terwujud. Guna pemerataan pembangunan ekonomi berbasis pemberdayaan masyarakat dan ini harus didukung oleh semua pihak dengan cara sinergitas berbagai elemen pendukungnya.

“Saya katakana, pariwisata ibarat jaring pengaman ekonomi yang menyentuh langsung pada masyarakat pariwisata,” pungkasnya.

Penulis: Syarif Hidayat

Komentar

Related Articles